Kamis, 27 Desember 2012

Strategi dan Teknik Marketing Ampuh

Marketing Ampuh
Saat Anda memulai bisnis baru atau ingin meningkatkan kesuksesan anda ke jenjang selanjutnya, memiliki strategi pemasaran yang efisien dan hemat biaya merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan penjualan produk barang atau jasa dalam bisnis yang anda jalankan. Memiliki produk yang baik, kesepakatan, atau layanan tidak akan menanggung hasil kerja anda, jika anda tidak meraih pangsa pasar yang tepat.
Informasi berikut akan menyoroti banyak konsep dan rekomendasi tentang teknik marketing jitu yang harus anda pertimbangkan sebagai bagian dari rencana pemasaran anda. Namun, teknik marketing ini masih bersifat umum, semua informasi mungkin tidak berlaku untuk model bisnis tertentu.

Marketing Sukses

Gunakan Arahan dan Rekomendasi Sebagai Alat Pemasaran
Sebenarnya ini adalah strategi klasik, namun masih sangat handal dalam pemasaran. Gunakan testimoni dari konsumen anda yang sudah membeli produk dan atau merasakan jasa anda. Anda dapat meminta respon positif mereka terhadap kesan-kesan produk anda dan dituangkan dalam video marketing, tulisan, artikel review dan sebagainya. Ini akan sangat berpengaruh bagi pemasaran anda selanjutnya, karena testimoni dari seseorang akan mempengaruhi orang lain untuk membeli produk.

Anda harus mengetahui dari mana asal penjualan terbesar
Untuk memiliki program pemasaran yang efektif, itu akan menjadi penting bagi anda untuk mengetahui strategi apa yang membuat orderan datang. Misalnya, anda memiliki toko online, ketika konsumen datang dan melakukan pembelian. Ketika proses check out terakhir, jangan lupa untuk mengajukan pertanyaan “dari mana anda mengetahui tentang kami?” ini merupakan survei pasar, sehingga anda dapat menentukan strategi pemasaran yang handal yang dapat membidik target sesuai sasaran.

Menjaga Rencana Pemasaran Anda
Ada satu kesalahan yang umum bagi usaha kecil baru, begitu mereka sibuk dengan bisnis yang datang dari upaya pemasaran mereka, mereka menjadi terganggu dan kehilangan fokus pada menjaga rencana pemasaran.

Delegasikan atau Outsource Aktivitas Pemasaran Anda
Ketika anda mengembangkan atau memperluas bisnis anda, hari ke hari tantangan dari menjalankan bisnis anda bersama dengan segala sesuatu yang lain terjadi dalam hidup anda. Jika anda merasa hal ini terjadi dan mempengaruhi kesuksesan bisnis potensial anda, mungkin demi keuntungan, anda tidak dapat bekerja sendirian, sehingga anda perlu mendelegasikan beberapa atau semua kegiatan pemasaran anda. Dengan menggunakan teknik ini akan memungkinkan anda untuk membebaskan beberapa waktu yang dapat digunakan untuk bekerja pada hal lain yang lebih produktif yang akan membantu anda mengembangkan perusahaan. Beberapa contoh tugas-tugas pemasaran yang dapat didelegasikan antara lain menyiapkan dan mengirimkan bahan pemasaran dan surat-surat langsung, distribusi brosur, email marketing, dan sebagainya.

Branding dan Reputasi
Sebagai bagian dari upaya pemasaran, anda harus mampu menciptakan merek baik produk ataupun perusahaan anda. Ini sangat berpengaruh dalam pemasaran. Semakin baik reputasi dan merek anda, maka akan lebih mudah dalam proses pemasarannya. Anda harus mempertimbangkan penggunaan logo, slogan, dan merek dagang di semua iklan dan barang promosi. Selain itu, penggunaan “warna perusahaan” yang digunakan secara eksklusif dalam semua pemasaran juga akan membantu untuk menciptakan tampilan yang unik yang akan membantu membedakan anda dari pesaing anda.


Cara Marketing

Teknik Pemasaran dan Periklanan
Karena dampak yang signifikan terhadap anggaran operasional untuk membiayai kegiatan pemasaran dan periklanan, anda harus sangat kritis pada metode apa yang menjadi bagian dari rencana bisnis anda.

Pemanfaatan yang tepat dari berbagai jenis media iklan dan tanda-tanda akan membantu mendukung upaya anda dalam membangun visibilitas dan kehadiran di daerah pemasaran yang ditargetkan. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk posting iklan anda pada billboard (sangat populer di daerah pedesaan dan kota), sponsor atau dalam komunitas, taman, atau jalan, di bus, di gerbong kereta dan stasiun, iklan huruf atau tanda-tanda magnetik untuk kendaraan anda dan sebagainya.

Ketika merancang brosur, akan sangat penting bagi Anda untuk menggunakan warna-warna cerah untuk menarik mata. Ketika menempatkan mereka di toko-toko, brosur anda mungkin di antara puluhan item lain yang dipajang sehingga anda harus memiliki beberapa kelebihan untuk menarik perhatian konsumen.

Anda harus ingat bahwa orang sangat senang dengan barang gratis. Ini adalah alat pemasaran yang akan membantu anda dengan eksposur perusahaan dengan memberikan hadiah-hadiah kecil kepada konsumen atau anda dapat membagikan produk sampel. Hadiah dapat berupa kalender, buku resep, topi, handuk, alat tulis dan sebagainya.

Strategic marketing lain yang luar biasa adalah berpartisipasi sebagai peserta atau sponsor pada konvensi dan pertemuan investasi organisasi. Peristiwa ini dapat sangat efektif dalam menjangkau orang-orang yang dapat mengambil manfaat dari layanan anda. Jenis pemasaran ini mungkin dapat menguras secara signifikan pada anggaran anda. Sehingga anda perlu alokasi dana sesuai dengan kebutuhan pemasaran anda. (sumber)